LOGO

Bentuk Logo SMPN 04 Batu

Bentuk logo SMPN 04 Batu menyerupai gunungan dengan dasar berbentuk trapesium (dengan susunan seperti buku yang terbuka dibagian atas, tinta dan pena di bawahnya) dan di bawahnya terdapat tulisan SMPN 04 Batu. Di samping kanan kirinya terdapat tunas kelapa yang dihubungkan dengan tulisan “Maju Hamemayu Luhuring Budi” hingga menyatu di puncak gunungan. Di puncak gunungan terdapat gambar daun pisang yang berjumlah 4. Badang gunungannya berisi gambar berbagai macam aktivitas olahraga, seni budaya, keterampilan, dan lain-lain.

Makna warna Logo SMPN 04 Batu

Warna dasar putih melambangkan kesucian, kejujuran, kesederhanaan, keterbukaan dan sportivitas. Ini menjadi pondasi dari semua aktivitas warga SMPN 04 Batu di mana seluruh warga SMPN 04 Batu harus menjunjung tinggi kesucian lahir batin, kejujuran, kesederhanaan, keterbukaan, dan sportivitas.

Warna dasar hijau melambangkan komitmen SMPN 04 Batu untuk menjadi green school, artinya SMPN 04 Batu adalah sekolah yang cinta akan lingkungan dan siap menjadi sekolah yang ijo royo-royo. Hijau juga merupakan lambang warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan.

Warna dasar biru melambangkan keamanan, kenyamanan, ketentraman dan kedamaian. SMPN 04 Batu berkomitmen untuk mewujudkan sekolah yang aman, nyaman, tenteram dan damai bagi seluruh warga SMPN 04 Batu. Warna biru juga memberikan kesan komunikasi yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, kreativitas, cinta, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari dalam, kepercayaan diri, kesadaran, berbagi, idealisme, dan harmoni kasih sayang.

Warna kuning (hijau kekuning-kuningan) yang menjadi puncak gunungan melambangkan kejayaan, keunggulan, kebahagiaan, kegembiraan,. Artinya SMPN 04 Batu bertujuan untuk mencapai puncak kejayaan dengan menjadi sekolah unggulan. Warna kuning juga menjadi warna yang melambangkan kebijaksanaan, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, yang mampu merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian.

Makna Bentuk Logo SMPN 04 Batu

Gunungan melambangkan gunung yang mengandung maksud bahwa lokasi SMPN 04 Batu berada di lereng pegunungan Arjuno Kota Batu.

Buku yang terbuka melambangkan pengetahuan yang selalu up to date dan bisa dipelajari.

Tinta dan pena merupakan lambang kreatifitas dalam berpikir.

Daun pisang yang berjumlah 4 yang juga seperti bendera di puncak gunungan melambangkan bahwa SMPN 04 Batu bertekat untuk mengibarkan panji-panji kemenangan di semua ajang hingga ke puncak. Pisang dalam filosofi Jawa dapat dijarwadhosokkan “pipisaning agesang” artinya kita hidup di dunia harus bisa memaknai segala sesuatu termasuk pengetahuan, di mana dalam menerima pengetahuan itu harus dikupas kulitnya setelah tahu isinya baru dimakan. Seperti itulah yang ingin ditekankan pada seluruh warga SMPN 04 Batu. Jumlah 4 lembar daun pisang yang satu memuncak seperti segi tiga tersebut melambangkan 3 hal (pengetahuan, keterampilan dan sikap) yang ditujukan pada yang satu yakni Tuhan Yang Maha Esa. Bentuk segi tiga tersebut melambangkan hubungan antara manusia dengan Tuhan (hablul minallah), sesama manusia (hablul minanas), dan lingkungan. Itulah yang menjadi tujuan atau don (daun sering dimaknai don atau dwan yang dalam bahasa Jawa Kuna berarti tujuan, Zoetmulder,2006:224) pembelajaran di SMPN 04 Batu.

Badan gunungannya berisi gambar berbagai macam aktivitas olahraga, seni budaya, keterampilan, dan lain-lain melambangkan bahwa selain pengetahuan di bidang akademik, SMPN 04 Batu bertekad untuk mengembangkan bidang-bidang non akademik seperti: olahraga (atletik, sepak bola, renang, pencak silat, bola voli, bola basket, dan lain-lain), tari, seni musik, pramuka, dan sebagainya.

Tulisan SMPN 04 Batu merupakan identitas dari sekolah.

Tunas kelapa ada di samping kanan kiri dan menyatu dalam tulisan “Maju Hamemayu Luhuring Budi” merupakan lambang para peserta didik SMPN 04 Batu baik laki-laki maupun perempuan yang siap didik dan dibina sesuai dengan bakat akademik atau pun non akademiknya. Kedua tunas ini menyatu dengan tulisan hingga ke puncak dimaksudkan bahwa SMPN 04 Batu siap mengantarkan para peserta didiknya hingga ke puncak kejayaan sebagaimana telah disinggung di atas.

Tulisan “Maju Hamemayu Luhuring Budi” mengandung maksud sebagai berikut.

Maju berarti “berjalan ke muka, tampil ke muka, menjadi lebih baik, cerdas, lulus dalam ujian, mencapai peradaban yang lebih tinggi” (Tim Penyusun KBBI, 2005:699). Makna dari kata ini adalah bahwa SMPN 04 Batu bertekad untuk bisa menjadi lebih baik dan mencerdaskan peserta didik hingga bisa menjadi yang terdepan.

Hamemayu berasal dari kata dasar “hayu” yang artinya “baik, kebaikan, kebenaran, keadaan yang baik, kesehatan, kebahagiaan, tertib dan indah”. Hamemayu berarti menjadikan sesuatu menjadi “hayu” (Zoetmulder, 2006:346)

Luhuring budi berasal dari kata dasar luhur dan budi. Kata luhur berasal dari kata Jawa Kuna “ruhur” yang artinya “tinggi, di puncak, lebih baik, keunggulan, kesempurnaan” (Zoetmulder, 2006:611;960). Budi berasal dari kata Jawa Kuna “buddhi” yang berarti “kekuatan pembentuk dan penyimpan buah pikiran; kecerdasan, akal budi, semangat, hati, ingatan, watak, dan maksud” (Zoetmulder, 2006:138).

Dengan demikian dalam tulisan “Maju Hamemayu Luhuring Budi” dapat dimaknai bahwa SMPN 04 Batu memiliki tekad untuk bisa tampil di depan sebagai juara dan berusaha untuk memperindah, menjadikan lebih baik, menghaluskan, dan menyempurnakan segala potensi serta perilaku para peserta didik.

SMP Negeri 4 Batu © 2018